Jumat, 27 Oktober 2017

Pengaruh Jaringan, Tarif dan Pelayanan konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala

Pengaruh Jaringan, Tarif dan Pelayanan konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala
BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Persaingan dalam memperebutkan konsumen semakin lama menjadi semakin ketat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya alternatif produk yang dapat dipilih oleh konsumen. Munculnya produk-produk yang inovatif secara terus-menerus dalam waktu yang relatif singkat menuntut perusahaan untuk berupaya mengembangkan produk-produknya agar konsumen tertarik untuk melalukan pembelian terhadap produk-produk yang mereka tawarkan. Perkembangan industri teknologi dan telekomunikasi sudah sangat pesat sejak dari awal tahun 2006. Sayangnya, perkembangan itu tidak diimbangi dengan regulasi yang memadai. Menurut Indonesia Telecommunication User Group, pemerintah memang telah mengatur bisnis para network provider, namun tidak secara keseluruhan.

Perusahan Tri cukup memperhatikan tentang kebutuhan dari pelang gannya, melainkan perusahaan cukup memilih mana yang paling cocok untuk karakteristik pasar. Dalam memasarkan Kartu Prabayar Internet Tri perusahaan tidak menggunakan strategi yang dapat menghilangkan kepercayaan dari konsumen. Bahkan, perusahaan juga melakukan berbagai strategi pemasarannya seperti, promosi, pameran, undian hadiah dan berbagai kebijakan lainnya.

Pada saat ini, pengguna Kartu Prabayar Internet Tri sudah terbiasa dengan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan dari layanan internet, telepon sms dan berbagai fasilitaslainnya termasuk operator seluler. Konsumen akan mendapatkan fasilitas gratis kirim SMS setelah mengirim beberapa SMS sebelumnya, itu merupakan trik atau cara perusahaan dalam menarik minat konsumen. Cara itu mungkin masih belum bisa menarik minat konsumen secara keseluruhan. Oleh sebab itu perusahaan mencoba strategi lain supaya konsumen setia sama produk Tri, karena itu perusahaan menciptakan strategi perbaikan jaringan, kebijakan tarif dan layanan operator yang baik serta mengupayakan sesutu yang membuat konsumen puas dan loyal terhadap produk-produk Tri.

Selama ini interkoneksi layanan dilakukan dengan basis SKA dengan pertimbangan trafik telpon dan SMS antar penyelenggara akan berimbang, namun penerapan skema SKA kerap disalahgunakan, seperti munculnya SMS broadcast, yaitu penyebaran SMS ke banyak pengguna telepon seluler dan SMS spamming atau SMS yang tidak diinginkan. Di sisi lain, sebagian masyarakat tidak menyadari bahwa tarif murah dan gratis disertai dengan syarat dan atau ketentuan tertentu. Selain itu, metode SKA biasanya dijadikan tempat promosi operator selular untuk memberikan SMS gratis ke operator lain, dengan demikian, operator pengirim pesan SMS memperoleh pendapatan, sementara operator penerima SMS mendapatkan trafik.

Jaringan merupakan salah setu sistem penghubung melalui sistem yang telah dirancang sedemikian rupa dengan harapan konsumen atau pelanggan merasakan sesuatu hal yang positif dari pengadaan jaringan Tri. Oleh sebab itu Tri mengupayakannya dengan semaksimal mungkin demi kelangsungan hidup perusahaan. Pada dekade ini kebanyakan pemakai Kartu Prabayar Internet melihat dari berbagai segi produknya baik dari harga dan juga kualitas produknya salah satu kualitas yang paling diharapkan oleh konsumen adalah kualitas jaringannya, karena jaringan merupakan salah satu yang terpenting dari pantauan pemakai,

Lembaga riset Frost & Sullivan melansir data tarif telepon di Indonesia. Rupanya, rata-rata biaya bercakap-cakap di Tanah Air yang dulu dipandang relatif mahal, kini menjadi yang paling murah di dunia. Analis Frost & Sullivan Nitin Bhat menyatakan, tarif telepon di Indonesia sama dengan India. Kedua negara ini menjadi surga bagi para pengguna telepon. "Indonesia dan India merupakan negara dengan tarif telepon termurah di dunia, hanya sekitar USD 1 sen per menit.

Yang membuat tarif Tri menjadi murah adalah disebakan makin banyaknya perusahaan yang fokus menggarap bisnis Kartu Prabayar Internet. Alhasil, sempat terjadi perang harga dua tahun lalu, dan baru mereda tahun lalu. Dengan kondisi itu, Bhat menyarankan agar operator Tri tidak terlalu fokus mencari pendapatan dari aktivitas menelepon (on voice revenue). Potensi operator mengeruk laba berada di sektor akses data melalui jaringan pita lebar (broadband).

Pengaruh dari perkembangan dunia usaha saat ini telah membawa perusahaan ke persaingan yang sangat ketat untuk memperoleh perhatian para konsumen untuk lebih mempercayai produk yang dipasarkan oleh para pelaku bisnis tersebut. Berbagai cara serta pendekatan bisa dilakukan untuk mendapatkan simpati konsumen dalam arti luas masyarakat, baik melalui perbaikan jaringan, kebijakan tarif dan layanan operator yang tersedia, sarana dan prasarana yang mendukung bahkan hingga sampai menggunakan fasilitas teknologi yang tinggi sehingga mampu menyeim bangkan dengan perkembangan sumber daya manusia.

Semakin banyaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang sejenis yang beroperasi serta memasarkan dengan berbagai macam harga dan bonus yang ditawarkan, membuat masyarakat menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, para pelaku usaha berlomba untuk meningkatkan strategi sehingga dapat menarik para konsumen untuk memilih Kartu Prabayar Internet yang ditawarkan.

Univerrsitas Jabal Ghafur merupakan salah satu tempat pendidikan di Kabupaten Pidie. Walaupun fasilitas tempat pendidikannya masih kurang, masih banyak mahasiswa yang menyukai Universitas Syiah Kuala. Mahasiswa Jabal Ghafur umunya menggunakan Kartu Prabayar Internet Tri dengan alasan para pemakai mengatakan Kartu Prabayar Internet Tri murah dan mudah dalam menggunakannya. Seiring berkembangnya teknologi, kebanyakan mahasiswa mengikuti keadaan di lingkungan mereka, Kartu Prabayar Internet Tri cukup terkenal di kalangan mahasiswa Jabal Ghafur khususnya bahkan pada masyarakat pidie pada Umumnya.

Cara ini lumayan berhasil, hanya dalam waktu satu dasawarsa, Tri menjelma menjadi pesaing utama terhadap perusahaan-perusahaan Kartu Prabayar Internet lainnya. Kini Tri merupakan yang menjadi salah satu penguasa pasar dan pemimpin pasar di Kabupaten Pidie khusunya di Universitas Syiah Kuala.

Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Pengaruh Jaringan, Tarif dan Pelayanan konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala”.

1.2 Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah:
  1. Bagaimana Pengaruh Jaringan Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala?
  2. Bagaimana Pengaruh tarif Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala?
  3. Bagaimana Pengaruh pelayanan konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala?
  4. Dari tiga variabel yang diteliti variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala?
1.3  Tujuan Penelitian
Penelitian ini memiliki berbagai tujuan. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Jaringan Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala.
  2. Untuk mengetahui bagaimana Pengaruh tarif Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala.
  3. Untuk mengetahui bagaimana Pengaruh pelayanan konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala.
  4. Untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Internet Tri Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala.
1.4  Kegunaan Penelitian
Adapun kegunaan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengadakan penelitian yang berkaitan dengan jaringan, tarif dan pelayanan konsumen  dan pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen.
  2. Menambah kepustakaan dalam bidang  manajemen pemasaran, khususnya pengaruh jaringan, tarif dan pelayanan konsumen terhadap Loyalitas Konsumen.
  3. Dapat memberikan masukan terhadap perusahan yang mengeluarkan produk Kartu Prabayar Internet Tri.
Untuk file lengkap silakan hubungi : 085275077070
Facebook: https://www.facebook.com/fadlul.fe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Pemasaran Jasa Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Jasa Dalam konsep pemasaran modern telah dikatakan bahwa titik tolak dari kegiatan pemasaran ialah mengetahui kebu...