Sabtu, 21 Oktober 2017

Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Persepsi Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia Cabang Lhoksumawe

Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Persepsi Nasabah
BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat perlu dana maupun modal. Misalnya untuk membuka suatu lapangan usaha tidak hanya membutuhkan bakat dan kemauan keras untuk berusaha, tetapi juga diperlukan adanya modal dalam bentuk  tunai. Hal itulah yan6 menjadi potensi perlu adanya lembaga perkreditan yan6 menyediakan dana pinjaman. Untuk mendapatkan modal usaha melalui kredit masyarakat membutuhkan adanya sarana dan prasarana. Maka pemerintah memberikan sarana berupa lembaga perbankan dan lembaga non perbankan. Selain itu peraturan perizinan operasional perbankan telah dipermudah. Secara de jure, usaha perbankan saat ini hanya dilakukan oleh Perbankan milik pemerintah, sudah berkali-kali berubah badan hukum Aceh sejak 1961. Namun secara de facto, sudah banyak yan6 menjalankan bisnis perbankan meskipun belum memiliki dasar hukum yan6 kuat.

Gejala ini merupakan peluang usaha yan6 sangat baik untuk meningkatkan pendapatan nasional. Berbagai perbankan baru pun mulai bermunculan baik perbankan konvensional maupun daerah. Fenomena ini di suatu sisi akan menguntungkan nasabah dengan tersedianya berbagai pilihan penyedia jasa perbankan dengan bebagai kemudahan yan6 ditawarkan, namun di sisi lain hal ini merupakan ancaman bagi perbankan lain baik perbankan nasional maupun perbankan lokal atau daerah dengan bertambahnya pesaing. Untuk memenangkan  persaingan tersebut,tentu setiap perbankan harus lebih memperhatikan bagaimana persepsi nasabah dan kepuasan nasabah yan6 menjadi sasaran jasa yan6 ditawarkan untuk memperoleh keuntungan.

Persepsi nasabah kini menjadi pembicaraan yan6 hangat ditingkat nasional dan daerah. Nasabah yan6 menjadi objek atau sasaran jasa yan6 ditawarkan oleh perbankan atau perbankan haruslah bisa merasakan sebuah nilai kepuasan dari jasa yan6 digunakan. Tentunya hal ini akan memberikan dampak yan6 sangat besar terhadap keberlangsungan usaha perbankan, karena apabila nasabah merasa puas terhadap jasa yan6 ditawarkan oleh perbankan maka akan berdampak terhadap tingginya tingkat pamakaian jasa yan6 ditawarkan dan hal ini bisa jadi membuat nasabah akan merasa bangga dan senang dengan jasa yan6 digunakan. Akan tetapi sebaliknya apabila nasabah merasa tidak puas terhadap jasa yan6 ditawarkan oleh perbankan maka akan berdampak terhadap menurunnya tingkat pemakaian jasa dan bisa jadi nasabah akan beralih ke perbankan pesaing.

Selain itu, salah satu faktor penting yan6 menjadi penentu keberhasilan perbankan dalam meningkatkan kepuasan nasabah demi untuk mencapai target pemakaian jasa nasabah maksimal dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidup perbankan adalah dengan promosi, kualitas pelayanan dan pelayanan. Untuk itu setiap perbankan harus mampu merumuskan strategi pemasaran yan6 tepat karena dengan adanya strategi yan6 tepat, dapat diartikan bahwa perbankan telah mengenal dengan baik kelemahan dan kekuatan dari perbankan itu sendiri dan sekaligus dapat mengantisipasi kesempatan dan ancaman yan6 berasal dari luar perbankan sehingga perbankan dapat lebih memantapkan diri dalam menghadapi persaingan yan6 ada dan pada akhirnya akan bermuara pada keberhasilan dalam usaha maksimisasi profit. Hal lain yan6 perlu diperhatikan oleh perbankan adalah perilaku nasabah, perbankan harus mampu membaca kebutuhan dan keinginan nasabah terhadap jasa yan6 ditawarkan oleh perbankan.

PT. Bank Negara Indonesia merupakan salah satu perbankan yan6 ada di Aceh berupaya menerapkan pemasaran jasa yan6 dinilai cukup jitu dalam menghadapi persaingan yan6 ketat di sektor perbankan dewasa ini. Beberapa tahun terakhir ini perkembangan jumlah nasabah PT. Bank Negara Indonesia Cabang Lhoksumawe memperlihatkan hasil yan6 cukup memuaskan, terjadi peningkatan yan6 cukup tajam pada pencapaian jumlah nasabah setiap tahunnya yan6 rata-rata mencapai 6 milyar per tahun.

Tahun 2017, merupakan sebuah milestone penting bagi Bank Negara Indonesia yan6 genap berusia 121 tahun. Sebuah jejak langkah perjalanan yan6 tidak bisa dibilang singkat, tumbuh dan berkembangnya Bank Negara Indonesia dalam memberikan layanan kepada nasabah, mitra kerja, pemegang saham, serta melayani masyarakat Aceh dan kota Medan. Pada tahun 2017 tersebut sesuai dengan tahapan perencanaan strategis lima tahunan (Corporate Plan),

Sebuah tekad yan6 menegaskan visi masa depan Bank Negara Indonesia menjadi bank yan6 sehat, tangguh, handal dan terpercaya serta dapat memberikan nilai tambah yan6 tinggi kepada mitra dan masyarakat serta mewujudkan misi sebagai bank yan6 mampu membantu dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan dunia usaha dan pemberdayaan ekonomi rakyat, serta memberi nilai tambah kepada pemilik dan kesejahteraan kepada karyawan. Sebuah tekad yan6 diwujudkan oleh setiap sumber daya manusia Bank Negara Indonesia dengan mengutamakan kualitas pelayanan dengan melayani lebih proaktif untuk melangkah maju menuju era baru, melakukan upaya perubahan, sebuah transformasi menuju pertumbuhan jangka panjang yan6 berkesinambungan, menjadi Bank Regional Champion dan memberikan makna kehadirannya di masyarakat.

Tahun 2016-2017 sejalan dengan corporate plan yan6 ditetapkan merupakan tahun Back on Track PT. Bank Negara Indonesia pada setiap fondasi dan sendi-sendi pengelolaan Bank sejalan dengan aturan dan best practice perbankan yan6 berlaku. Seirama dengan perubahan manajemen dan proses transformasi yan6 terus berjalan, Bank Negara Indonesia bertekad memanfaatkan momentum tersebut untuk menjadi Bank Regional Champion dan memimpin kembali perbankan di daerah sesuai fase perencanaan strategis tahun 2014 leading regional bank.

Untuk itu, perlu untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran jasa yan6 diterapkan oleh PT. Bank Negara Indonesia Cabang Lhoksumawe terhadap persepsi nasabah dalam memilih PT. Bank Negara Indonesia Cabang Lhoksumawe perlu pula mengetahui elemen-elemen mana saja dari strategi pemasaran jasa tersebut yan6 paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, karena hal tersebut dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan perbankan Aceh khusunya. Maka dengan adanya kajian tentang pengaruh variabel-variabel tertentu dalam kegiatan usaha perbankan, perusahaan akan lebih mengetahui secara detil apa kelemahan dan kelebihan dari usaha perbankan tersebut.

Dengan melihat pentingnya peranan persepsi nasabah dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan, maka penulis mengangkat judul “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Persepsi Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia Cabang Lhoksumawe”.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yan6 telah dipaparkan,maka yan6 menjadi pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah:
  • Apakah Promosi berpengaruh terhadap Persepsi Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia cabang Lhoksumawe?
  • Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap Persepsi Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia cabang Lhoksumawe?
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut :
  • Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap Persepsi Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia cabang Lhoksumawe.
  • Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap Persepsi Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia cabang Lhoksumawe.
  • Untuk mengetahui variabel yan6 paling dominan berpengaruh terhadap Persepsi Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia cabang Lhoksumawe.
1.4 Manfaat penulisan 
Adapun manfaat penulisan ini adalah sebagai berikut :
  • Sebagai referensi bagi perusahaan perbakan Aceh dalam menetapkan strategi pemasarannya jasanya.
  • Sebagai acuan bagi pihak yan6 berniat untuk meneliti lebih lanjut mengenai Persepsi Nasabah Terhadap Promosi dan Kualitas pelayanan pada PT. Bank Negara Indonesia cabang Lhoksumawe.
  • Menambah khasanah pemikiran penulis dan pembaca di bidang kajian pemasaran jasa dan bisa menerapkan dikemudian hari.
Untuk file lengkap silakan hubungi : 085275077070

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Pemasaran Jasa Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Jasa Dalam konsep pemasaran modern telah dikatakan bahwa titik tolak dari kegiatan pemasaran ialah mengetahui kebu...